Bahasa :
Launching ATM Bank UMKM Jawa Timur | ::Official Website BPR Jatim Bank UMKM Jawa Timur::

Launching ATM Bank UMKM Jawa Timur

1Peluncuran ATM Bank UMKM Jawa Timur dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo di gedung Politeknik Negeri Malang (Polinema) bersamaan dengan jalan sehat yang  diselenggarakan dalam rangka Dies Natalis Polinema ke 31 pada Minggu, 17 Maret 2013. 

Hadir dalam kesempatan tersebut  antara lain Komisaris Bank UMKM Jawa Timur Rasiyo, Dirut Bank UMKM Jawa timur R. Soeroso, Direktur Polinema Tundung Sobali Patma, Rektor Universitas Brawijaya (UB) Prof. Yogi Sugito, Rektor Universitas Malang (UM) Prof.Suparno, Bupati Malang Rendra Kresna serta sejumlah pejabat dari berbagai institusi terkait.

Dirut Bank UMKM Jawa Timur R. Soeroso, menjelaskan bahwa Polinema selama ini sangat mendukung keberadaan Bank UMKM Jawa Timur. “Bank UMKM Jawa Timur selama ini sudah kerjasama dengan Polinema yang memiliki kelompok binaan kelompok usaha mikro yang tergabung dalam Pos Daya yang dibiayai dengan dukungan yayasan Damandiri,” ujarnya.  Hadiah Utama diraih oleh karyawan Polinema berupa sepeda motor Suzuki yang di Sponsori oleh Bank UMKM Jawa Timur.

 

 

Polinema juga menyediakan fasilitas bagi pengoperasian layanan Kantor Kas milik Bank UMKM Jawa Timur yang selain ditujukan untuk melayani nasabah anggota Pos Daya binaan Polinema, juga koperasi mahasiswa serta mahasiswa yang memiliki kegiatan usaha sebagai wirausaha muda.

Soeroso menjelaskan hingga kini Bank UMKM Jawa Timur telah menyalurkan kredit Rp1,1 trilun dan total aset Rp1,4 triliun. Meski nasabahnya sebagian besar adalah kalangan usaha non formal dan tidak bankable, nyatanya ratio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) sangat rendah, hanya 0,4% gross.

“Kami berharap pada tahun ini total kredit kami bisa tumbuh menjadi Rp1,4 triliun,” katanya.

Gubernur Soekarwo menyatakan kepedulian Bank UMKM Jawa Timur bagi kelompok usaha non formal, termasuk kalangan muda pelajar dan mahasiswa yang merintis menjadi wirausaha merupakan upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat yang selama ini buta huruf pekerjaan.

Kalangan lulusan SLTA yang per tahun rata-rata mencapai 1,236 juta orang. Mereka umumnya kalau bekerja di luar negeri masuk kelompok tenaga kerja tidak terdidik (unskill).

Bahkan kalau berusaha sendiri pasti sulit mendapat akses perbankan karena tidak bankable. “Makanya mereka melalui Bank UMKM Jawa Timur ini dibantu akses permodalan dengan kredit yang tidak membebani, yakni mudah, murah dan cepat.”

Keterlibatan lembaga pendidikan, mulai SLTA dan perguruan tinggi hingga pondok pesantren dalam pemberdayaan calon wirausaha muda diharapkan dapat melatih mereka menjadi memiliki keterampilan.

“Sehingga kalau bekerja keluar negeri akan masuk kelompok tenaga kerja  terdidik (formal) yang memiliki penghasilan lebih baik. Bahkan jika pada 2015 AFTA (Asian Free Trade Area) diberlakukan kita siap.”

 ATM Perdana

Bank UMKM Jawa Timur dalam kesempatan yang sama meluncurkan fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Menyusul keluarnya izin dari Kantor Bank Indonesia (KBI) No.15/24/DASP tanggal 18 Januari 2013 tentang Permohonan izin penerbitan Kartu ATM Bank UMKM Jawa Timur merupakan ATM perdana atau satu-satunya ATM yang dimiliki bank selevel BPR di Indonesia.

Kartu ATM ini dilengkapi fasilitas electronic data captures (EDC) yang dapat menunjang aktivitas transaksi perbankan, mulai transfer, tarik tunai hingga pembayaran kartu kredit, telepon, pulsa telepon seluler, listrik PLN hingga PDAM.

 Untuk sementara ATM Bank UMKM Jawa Timur dapat dilayani pada tujuh kantor cabang, yakni cabang Surabaya, Malang, Batu, Tulungagung, Trenggalek, Pamekasan dan Banyuwangi.

“Pada akhir tahun ini semua cabang Bank UMKM Jawa Timur yang berjumlah 32 cabang dapat melayani nasabah yang kini berjumlah sekitar 130.000 rekening penabung.”

Translate »